logo

Pawai Budaya 2013

Pawai Budaya 2013. Dalam rangka HUT RI ke 68 dan Harjabo (Hari Jadi Bondowoso) ke 194, Kabupaten Bondowoso mengadakan sebuah acara Pawai Budaya yang diikuti oleh SMA Negeri 2 Bondowoso sebagai salah satu sekolah di Bondowoso.

SMA Negeri 2 Bondowoso mengikuti pawai budaya dengan tema yang dibawa yaitu "Kemantan Toddhuk" sebuah tradisi Madura yang dulu pernah marak di Bondowoso, dan kini mulai ditinggalkan. Kemantan Toddhuk adalah acara yang digelar oleh seseorang yang ingin melaksanakan pesta pernikahan/perkawinan tetapi tidak memiliki anak. Jadi mereka meminjam putra/putri dari tetangganya untuk dijadikan kemanten (pengantin) dan mengadakan pesta perkawinan.

PB1

SMA Negeri 2 Bondowoso mengikuti pawai budaya dengan diawali dengan pembawa spanduk kemudian diikuti oleh pasangan pembawa kembang dan diikuti dengan Kemantan (Pengantin) yang menaiki delman hias. Di barisan berikutnya adalah penari yang diiringi oleh musik gamelan dan perkusi di barisan terakhir. Barisan SMAN 2 Bondowoso tampak indah dilihat bersatu padu dalam kemantan toddhuk.

PB2 PB3

PB4 PB5

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo