logo

JUARA 1 DAN 2 SEAMEO BATCH 4 2019

seameo4th2019

Selamat dan Sukses atas diraihnya Juara 1 Seameo Batch 4th 2019 (Waste Recycling) oleh Atmadeva team SMAN 2 Bondowoso dengan judul karya Oliqus, Achmad Naufal Taufiqurrahman, Datin Kamilah Nurlaily, Falih Fairuz Sirajuddin, Ghufron Ghozi Ramadhan, Haydar Ridho, Kania Venisa Rachim, Revino Yudhistira Adiasa, Tiara Athabella, Yangga Purnagusti, Yulia Linda Lestari, Yussy Miranda.

Selamat dan Sukses atas diraihnya Juara 2 Seameo Batch 4th 2019 (Urban Agriculture) oleh Panda Manjha Team SMAN 2 Bondowoso, Amir Cinde Parikesit, Aliffia Sri Permana, Atmaja Brian Pratama, Caroline Serafin Etanim, Fatika Nurindah, Firman Adi Setiawan, Shadiiqul Haniif A.I dengan judul karya Compost Trash Can.

Selamat dan Sukses atas diraihnya Juara 2 Seameo Batch 4th 2019 (Fashion Design) oleh BTL Team SMAN 2 Bondowoso, Kenanga Dya Prameiswari, Aisyah Damayanti, Kanaya Dewayanti, Atmaja Brian Pratama, Haikal Rheznandya dengan judul karya "Bondowoso Republik Kopi".

Deskripsi Oliqus adalah sebuah alat yang kami buat untuk dapat memproses sampah plastik menjadi minyak mentah dan menghasilkan listrik pada proses tersebut. Alat ini bekerja dengan menggunakan metode pirolisis (pembakaran tanpa oksigen) dan kondensasi (pendinginan) sehingga dapat mengubah sampah plastik menjadi minyak mentah. Energi panas yang dihasilkan dari proses pembakaran kami gunakan sebagai sumber pembangkit listrik dengan menggunakan peltier (generator termoelektrik) untuk menghasilkan energi listrik.

Pembuatan Oliqus sendiri dilatar belakangi oleh masalah sampah plastik yang sulit terurai dan menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup manusia. Oleh sebab itu kami harap oliqus dapat menjadi sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan sampah plastik tersebut guna mewujudkan kelangsungan hidup manusia yang lebih baik lagi.

Deskripsi Compost Trash Can, atau yang biasa kami sebut CTC merupakan alat penghancur sampah organik seperti daun kering ataupun limbah dapur yang menjadi bahan baku pupuk kompos. Tujuan dari CTC ini yaitu mempercepat proses disintergrasi bahan baku pupuk kompos dengan cara menghancurkannya terlebig dahulu, lalu kita tidak perlu menunggu seperti lamanya kita membuat kompos dengan tidak dihancurkan terlebih dahulu. Dengan bentuknya yang seperti tempat sampah pada umumnya, kita cukup memasukkan sampah organik kedalam CTC, lalu menekan tombol yang berfungsi untuk mengaktifkan alat penghancur sampah, yang kemudian akan masuk ke dalam trash bag yang ada di dalamnya. Dan setelah trash bag itu penuh, maka bisa kita ambil dan menunggu tumpukan sampah yang telah dihancurkan itu menjadi pupuk kompos.

Deskripsi karya Bondowoso Republik Kopi. Produk kami merupakan desain bermode internasional yang kami padukan dengan keberagaman budaya dari Kabupaten Bondowoso. Kami mengambil Tema Batik Kopi khas Bondowoso untuk kami perkenalkan ke kancah internasional. Sehingga produk khas bondowoso ini diharapkan dapat bersaing secara internasional dalam mode fashion di dunia dan menjadi langkah awal untuk memperkenalkan Bondowoso.

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo