logo

SMAN 2 Bondowoso Memperoleh Nilai Akhir Tertinggi pada Simulasi UTBK-SNBT

simulasi utbk2

Setiap tahun dipastikan siswa SMA di seluruh Indonesia akan berebut untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini salah satu cara untuk masuk PTN adalah dengan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau disingkat UTBK-SNBT. Tidak seperti SBMPTN yang melakukan tes berdasarkan mata pelajaran maka UTBK-SNBT berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah (Tes Potensi Skolastik) dengan menguji empat aspek yaitu: Potensi kognitif, Penalaran matematika, Literasi dalam bahasa Indonesia dan Literasi dalam bahasa Inggris.

simulasi utbk1

Untuk melatih dan membiasakan siswa dalam mengerjakan soal soal berbasis Tes Potensi Skolastik (TPS) maka Dinas Pendidikan Propinsi Jawa timur bekerjasama dengan edubrand melaksanakan simulasi UTBK-SNBT. Kegiatan ini diikuti oleh SMA Negeri dan SMK Negeri seluruh Jawa Timur yang berjumlah 721 SMA/SMK. Peserta simulasi setiap sekolah berjumlah 25 siswa kelas XIIada simulasi ini SMAN 2 Bondowoso mendapatkan hasil yang cukup memuaskan dengan rincian Kemampuan Penalaran Umum nilai terendahnya 420,72 dan nilai tertinggi 705,50 dengan nilai rata rerata nya adalah 550,65. Kemampuan Literasi dalam bahasa Indonesia nilai terendahnya 442,69 dan nilai tertinggi 694,36 dengan nilai rerata nya adalah 600,85. Dengan komposisi nilai tersebut maka nilai akhir yang diperoleh SMAN 2 Bondowoso menempati peringkat tertinggi seluruh sekolah di kabupaten Bondowoso. Di tingkat Jawa Timur SMAN 2 Bondowoso menempati urutan 50 dari 721 sekolah SMA/SMK yang ada.

Hasil ini tentu menjadi motivasi buat pendidik dan peserta didik untuk terus berusaha mempersiapkan UTBK-SNBT 2023. Bimbingan belajar di sekolah harus terus ditingkatkan. Terus berlatih mengerjakan soal dan membahas bersama. Semoga dengan giat belajar dan berdoa perolehan kursi PTN akan semakin baik dari tahun sebelumnya.

















SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo