logo

PERINGATAN ISRA’ DAN MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW SMA NEGERI 2 BONDOWOSO

isra miraj1

Bertempat di aula sekolah, hari ini kamis tanggal 16 Pebruari 2023, SMA Negeri 2 Bondowoso memperingati Isra’ Mi’raj yang berlangsung dengan penuh hikmat dan antusiasme seluruh warga sekolah mulai dari Kepala Sekolah, dewan guru dan tenaga kependidikan serta siswa-siswi yang hadir. Dengan mengambil Tema “ IMPLEMENTASI NILAI SIROH NABI MUHAMMAD SAW DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG BERTAQWA DI ERA DIGITAL”.

Acara diawali dengan pembacaan sholawat yang dilantunkan oleh grup Hadrah Remus SMADA, dilanjut dengan pembacaan kalam Ilahi dan sabutan dari Ketua panitia ( Muhammad Gibran Shabilillah ) , Pembina Sekbid 1 ( M. Saleh Yazid M.Pd.I ) dan Kepala Sekolah yaitu Drs. JARIMIN. M.Pd. Dilanjutkan kemudian dengan cermah agama oleh KH. AINUL FATA AL KIROMI M.Pd.i ( Gus Romi ) yang merupakan pemimpin Pondok Pesantren An Nur Bondowoso.

Dalam ceramahnya, Mubaliq muda Gus Romi menceritakan bahwa peristiwa Isro’ Mi’raj adalah peristiwa besar saat Nabi Muhammad SAW memperoleh berbagai pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi dirinya, umatnya serta alam semesta. Pengertian Isra’ sendiri adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqso, sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Al-Aqso menuju Sidrotul Muntaha (langit ke tujuh).

isra miraj3

Diceritakan juga oleh beliau bahwa seseorang yang luar biasa pasti juga telah mengalami berbagai cobaan yang luar biasa. Sebelum terjadinya peristiwa Isra Miraj, orang-orang terdekat Nabi SAW dan selalu mendukung misi dakwahnya silih berganti wafat. Ayah Nabi Muhammad SAW yang bernama Abdullah bin Abdul Muthalib telah meninggal ketika Nabi berada dalam kandungan, Siti Aminah Ibu Nabi Muhammad SAW meninggal dunia ketika Nabi Muhammad masih dalam pangkuan. Kemudian diasuh oleh kakeknya yang bernama Abdul Muthalib yang kemudian juga meninggal. Setelah itu, Nabi Muhammad dirawat oleh pamannya yang bernama Abu Thalib. Istri Nabi yaitu Siti Khadijah meninggal dunia saat berusia 65 tahun, disaat 10 tahun masa kenabian Rasulullah SAW.Sedangkan di sisi lain, Nabi SAW terus mendapat penindasan dari kaum Quraisy. Ujian yang datang bertubi-tubi ini Allah berikan agar Nabi SAW benar-benar tangguh dalam menyampaikan dakwah bagi umat Islam.

Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik dari peristiwa isra mi’raj ini. Dengan acara peringatan tersebut, di harapkan siswa-siswi SMADA menjadi generasi yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga religius dalam menyebarkan kebaikan. Dan SMA Negeri 2 Bondowoso sebagai lembaga pendidikan, akan konsisten dalam memfasilitasi seluruh kegiatan sekolah, guna untuk mencetak generasi tangguh, berakhlak mulia Yang mampu beradaptasi dengan Perkembangan teknologi & zaman.

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo