logo

USUNG TEMA BONDOWOSO TEMPOE DOELOE, SMA NEGERI 2 BONDOWOSO GELAR UNJUK KARYA P5

P5 Juni 2023-5

Menumbuhkan kesadaran untuk mengenal, melestarikan, dan mempromosikan kekayaan alam serta budaya lokal Bondowoso adalah pesan yang ingin disampaikan oleh segenap peserta didik SMA Negeri 2 Bondowoso dalam unjuk Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Kearifan Lokal.”

Melalui unjuk karya Kearifan Lokal, seluruh warga SmaDa diajak untuk kembali ke masa lalu dengan kemasan “Bondowoso Tempoe Doeloe”. Seluruh siswa kelas X berkolaborasi menampilkan berbagai karya yang ditampilkan di dalam aula maupun di lapangan serbaguna SmaDa. Pada momen ini seluruh warga SmaDa selama 2 hari kegiatan unjuk karya (16 -17 Juni) diajak kembali kemasa lalu dengan menggunakan pakaian khas masa lalu. Tampak seluruh warga sekolah mulai dari guru, karyawan dan seluruh siswa mengenakan baju tradisional maupun pakaian era 70an. Lingkungan sekolah juga di rubah ke masa lalu dengan ornamen ornamen ciri khas tempo doeloe seperti Gobyok, ornamen lampu bambu, meja kursi kayu/bambu, hidangan makanan dan minuman masa lalu termasuk kopi sebagai ikon kota Bondowoso. Tenda-tenda juga ditutup dengan ilalang bahkan juga sepeda unta dan tampak beberapa gubuk bambu dibuat khusus di lapangan serba guna.

P5 Juni 2023-8

P5 Juni 2023-9

Kepala SMAN 2 Bondowoso, Drs. JARIMIN M.Pd dalam pembukaan unjuk karya menyampaikan “ ada lima karya yang nanti akan ditampilkan oleh masing masing kelas yaitu Tari, Drama, Bazar, Foto Both dan video kontes”. Unjuk karya adalah merupakan puncak dari rangkaian kegiatan P5 yang dimulai dari tahap pengenalan yang berisi materi penegtahuan untuk membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya menjaga eksistensi situs-situs kearifan lokal di Bondowoso. Setelah mendapatkan materi tersebut kemudian peserta didik diajak untuk masuk pada tahap kontekstualisasi yang berisi kegiatan mendalami informasi dan menganalisis permasalahan terkait dengan topik yang diambil. Dan tahap yang ketiga sekaligus yang terakhir yaitu unjuk aksi dimana peserta didik menampilkan karya dari kekayaan alam dan budaya yang dimilki oleh Kota Bondowoso.

P5 Juni 2023-6

Kegiatan unjuk karya P5 ini juga mangajak partisipasi masyarakat Bondowoso untuk datang menikmati suasana Bondowoso Tempoe Doeloe baik di dalam aula maupun di lapangan serba guna. Di dalam Aula pengunjung akan disuguhi berbagai macam Tarian, Drama dan Video. Di lapangan serba guna pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam stan makanan dan minuman yang semuanya berbuansa tempoe doeloe. Tampak juga berbagai macam patung yang semuanya adalah hasil kreasi anak.

P5 Juni 2023-7

WhatsApp Image 2023-06-17 at 06.11.47

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo