logo

PEMILIHAN UMUM KETUA / WAKIL KETUA MPK SMA Negeri 2 BONDOWOSO

pesdem mpk3

Proses reformasi kepengurusan organisasi siswa di SMA Negeri 2 Bondowoso terus berjalan. Pergantian kepengurusan tentu suatu hal yang harus terjadi mengingat selesainya masa kerja dan juga regenerasi kepemimpinan dalam sebuah organisasi. Setelah pada hari kamis tanggal 12 Oktober 2023 melakukan Pesta Demokrasi (PESDEM) untuk memilih Ketua dan wakil ketua OSIS maka satu hari setelahnya yaitu Hari Jumat tanggal 13 Oktober 2023 dilakukan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas). MPK adalah organisasi yang juga memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas suatu sekolah. Ini mengingat kewenangan yang dimiliki oleh MPK yang cukup besar yaitu menjadi alat kontrol bagi OSIS dan ekstra dalam menjalankan perannya. Bisa juga menjadi jembatan komunikasi bagi siswa dalam menyalurkan aspirasinya.

Oleh karena itu pengurus MPK biasanya berasal dari masing masing kelas yang dipilih melalaui proses seleksi yang cukup ketat. Demikian juga untuk jabatan ketua dan wakil ketua MPK. Tentu merupakan siswa siswi terbaik disekolah. Mereka diharapkan memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, komunikasi yang baik, serta komitmen untuk memajukan kualitas pendidikan dan kehidupan siswa di sekolah. Serangkaian seleksi harus dilalui oleh para calon ketua dan wakil ketua mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi MPK, presentasi kepada kepada dewan guru sehingga kemudian ditetapkan kandidat ketua dan wakil ketua. Selanjutnya para kandidat menyampaikan visi, misi dan program kerja kepada internal MPK, OSIS, Organisasi Ekstra termasuk juga Bapak Ibu guru.

Melalui seleksi ini ditetapkan dua pasangan calon ketua dan wakil ketua MPK yaitu pasangan calon nomor 1 adalah Muhammad Firdaus Akbar (Calon Krtua MPK) dan Afifah Nada Zahiroh (Calon wakil Ketua) dan Pasangan calon kedua adalah Muhammad Sulthon Raihan (Calon Krtua MPK) juga Giseila Aperio Venire (Calon wakil Ketua). Tahap berikutnya ada proses pemilihan. Sama dengan sistem pemilihan ketua dan wakil ketua umum OSIS menggunakan sistem pemilihan langsung. Hanya pemilih yang memiliki hak suara melalui sistem perwakilan yang terdiri dari anggota MPK, anggota OSIS, Ketua umum ekstra dan pihak sekolah diwakili oleh Kepala sekolah dan seluruh wakil Kepala sekolah. Fase terakhir adalah proses penghitungan suara yang transparan dan ditutup dengan penetapan hasil pemilihan. Meraih suara terbanyak sekaligus terpilih sebagai ketua dan wakil ketua MPK periode 2023-2024 adalah Muhammad Firdaus Akbar dan Afifah Nada Zahiroh.

Para pmimpin terpilih diharapkan dapat membawa perubahan positif dan menginspirasi siswa-siswi SMA Negeri 2 Bondowoso untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi. Semoga pemimpin yang terpilih dapat menjalankan tugas mereka dengan baik dan mewujudkan visi, misi program kerja yang telah disampaikan kepada warga sekolah untuk masa bakti 2023-2024.

pesdem mpk1

pesdem mpk2

pesdem mpk3

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo